Strategi Pengembangan Parawisata Budaya Saribu Rumah Gadang Menggunakan Analisis SWOT

  • Nilda Tri Putri Universitas Andalas
  • Afdhal Habibullah Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Industri, Universitas Andalas
  • Prima Fithri Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Industri, Universitas Andalas
  • Fandy Triawan Badan Penelitian dan Pengembangan Propinsi Sumatera Barat

Abstract

Saat ini Wisata Saribu Rumah Gadang tidak memiliki rencana strategi dalam pengelolaan destinasinya. Sebagai destinasi unggulan pariwisata di Kabupaten Solok Selatan, objek wisata Saribu Rumah Gadang mesti dikelola dengan baik dan memiliki perencanaan yang strategis. Saribu Rumah Gadang pada tahun 2017 mendapatkan penghargaan di tingkat nasional sebagai kampung adat terpopuler di Indonesia. Perencanaan strategi dapat membantu objek wisata Saribu Rumah Gadang dalam mengembangkan potensi yang dimiliki dan mampu menarik minat wisatawan untuk berwisata di Solok Selatan. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pembuatan rencana strategi Saribu Rumah Gadang untuk dapat meningkatkan kualitas pariwisata dengan mengembangkan segala potensi yang dimiliki. Adapun metode yang digunakan adalah metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Perencanaan strategi dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu tahapan input, proses dan pencocokan. Terakhir dirancang action plan berupa rencana tindak dan kegiatan untuk menjadi rekomendasi strategi pengembangan pariwisata Saribu Rumah Gadang. Hasil yang diperoleh dari hasil pencocokan adalah pembuatan paket wisata, pemberdayaan masyarakat kawasan objek wisata, mengadakan event-event, upaya meningkatkan minat wisatawan, menerapkan CHSE (Cleanlinnes, Health, Safety, and Environment Sustainbility), pengadaan layanan digitalisasi berbasis android dan IOS, membentuk lembaga pengelolaan dengan mengadopsi konsep Destination Management Organization (DMO), memberikan pelatihan-pelatihan, membangun pusat informasi dan pengaduan wisatawan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antara Sumbar. (2017). Kawasan Saribu Rumah Gadang Dinobatkan Sebagai Kampung Adat Terpopuler 2017. Antaranews.Com.
Aryani, C. (2021). Pesona Wisata Budaya Saribu Rumah Gadang, Melihat Minangkabau pada Masa Lalu. Padang.Harianhaluan.Com. https://padang.harianhaluan.com/travel/pr-1061943620/pesona-wisata-budaya-saribu-rumah-gadang-melihat-minangkabau-pada-masa-lalu
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Selatan. (2018). Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Selatan. Disparbud.Solokkab.Go.Id. https://disparbud.solokkab.go.id/halaman/detail/visi-dan-misi
Genpi. (2021). Kawasan Seribu Rumah Gadang di Solok Selatan. Genpi.Id. https://genpi.id/kawasan-seribu-rumah-gadang-di-solok-selatan/
Harian Haluan. (2017). API 2017, Kawasan Saribu Rumah Gadang Raih Gelar Kampung Adat Terpopuler. HarianHaluan.Com. https://www.harianhaluan.com/nasional/pr-10204156/api-2017-kawasan-saribu-rumah-gadang-raih-gelar-kampung-adat-terpopuler?page=all
Jadesta. (2022). Desa Wisata Saribu Rumah Gadang. Kemenparekraf.Go.Id. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/saribu_rumah_gadang
KWRI Unisco. (2018). Kawasan Saribu Rumah Gadang Menuju Warisan Dunia. Kwriu.Kemdikbud.Go.Id. https://kwriu.kemdikbud.go.id/berita/kawasan-saribu-rumah-gadang-menuju-warisan-dunia/
Meilina, S., & Russandi, R. (2021). Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan di Kawasan Seribu Rumah Gadang Bagi Masyarakat Nagari Koto Baru Kabupaten Solok Selatan. Ensiklopedia Of Journal, 3(2), 47–58. http://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/view/599%0Ahttp://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/download/599/563
Noviantti, Y. (2020). Transformasi Nilai Budaya di Kawasan Seribu Rumah Gadang pada Etnis Minangkabau di Kabupaten Solok Selatan. Jurnal Berbasis Sosial, 1(2), 43–49.
Padek. (2022). Jumlah Pengunjung Sejumlah Objek Wisata pada Hari Kedua Lebaran di Sumbar. Padek.Jawapos.Com.
Pristiwasa, I. W. T. K. (2017). Pengembangan Kampung Adat Saribu Rumah Gadang Solok Selatan Sebagai Daerah Tujuan Wisata. Jurnal Pariwisata Pesona, 2(2), 1–12. https://doi.org/10.26905/jpp.v2i2.1417
Putri, N. R. E. (2018). Partisipasi Masyarakat terhadap Pengembangan Objek Wisata Kawasan Nagari Saribu Rumah Gadang di Kenagarian Koto Baru. Journal of Ranah Research, 1(1), 83–89.
Rahim, R., & Radjab, E. (2016). Manajemen Strategi. Lembaga Perpustakaan Dan Penerbitan. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/5705-Full_Text.pdf
Samsudin. (2021). Formulasi Strategi dalam Memilih Strategi Terbaik untuk Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan. Jurnal Pikir: Jurnal Studi Pendidikan Dan Hukum Islam, 7(2), 1–18.
Syafwan, S. (2016). Kebertahanan Rumah Gadang Dan Perubahan Sosial Di Wilayah Budaya Alam Surambi Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan. Humanus, 12(2), 105–119. https://doi.org/10.24036/jh.v15i1.6417
Widya, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Selatan dalam Mempromosikan Parawisata Daerah. Jom Fisip, 6(3).
Yudiaris, I. G. (2015). Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Pada Cv. Puri Lautan Mutiara. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1), 40–64.
Published
2022-06-30
How to Cite
PUTRI, Nilda Tri et al. Strategi Pengembangan Parawisata Budaya Saribu Rumah Gadang Menggunakan Analisis SWOT. Jurnal Pembangunan Nagari, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-12, june 2022. ISSN 2527-6387. Available at: <https://ejournal.sumbarprov.go.id/index.php/jpn/article/view/299>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.30559/jpn.v7i1.299.
Section
Articles