ANALISIS LAHAN, ALTERNATIF DAN POLA PERPARKIRAN KENDARAAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU FARMASI PADANG

ANALISIS PENAMBAHAN LUASAN LAHAN, ALTERNATIF DAN POLA PERPARKIRAN KENDARAAN

  • Eko Prayitno Universitas Bung Hatta Padang
  • Era Triana Universitas Bung Hatta

Abstract

Parkir merupakan suatu kebutuhan bagi pemilik kendaraan, rata-rata pemilik kendaraan menginginkan kendaraannya parkir ditempat yang mudah dicapai, sehingga banyak pengguna kendaraan memarkirkan kendaraan disembarang tempat. Tujuan penelitian ini adalah merencanakan penambahan luasan lahan parkir dengan jumlah yang telah direncanakan dan memberikan alternatif bentuk pola parkir yang sesuai dengan jumlah parkir sehingga tidak ada parkir sembarangan. Informasi yang dibutuhkan dalam pengumpulan data adalah klasifikasi kebutuhan serta jumlah kendaraan, klasifikasi kendaraan seperti, mobil dan sepeda motor, kondisi tempat parkir, waktu masuk dan keluar parkir serta kebutuhan tempat parkir. Data sekunder adalah data yang didapat dari pihak perencana bangunannya berupa luas lahan, luas total bangunan, daya tampung parkir dan luas areal parkir. Data primer adalah data yang diperoleh dengan cara melakukan survey dan mengamati langsung kondisi yang ada dilapangan. Kedatangan rata-rata terbesar sepeda motor perhari adalah 98 kendaraan dan mobil adalah 4 kendaraan. Akumulasi parkir rata-rata terbesar sepeda motor adalah 162,2 dan mobil adalah 6,8. Angka indeks rata-rata terbesar sepeda motor adalah 61 %, dan mobil adalah 62 %. Pergantian parkir (turn over) sepeda motor pada hari rabu dan kamis yaitu 4,7 dan mobil pada hari jumat yaitu 4. Waktu parkir sepeda motor pada menit ke 180-240 sebanyak 137 kendaraan dan untuk mobil pada menit ke 120-180 sebanyak 5 kendaraan. Durasi parkir rata-rata sepeda motor pada hari senin selama 222 menit dan mobil pada hari jumat selama 188 menit. Penyediaan marka dan rambu-rambu parkir supaya kendaraan yang memarkirkan kendaraannya rapi dan tidak ada lagi kendaraan yang parkir diakses jalan masuk

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Perhubungan, 1998. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir. Jakarta : Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Jakarta.

Hobbs, F D, 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Jono, Agus Dwi, 2007. Analisis Parkir dan Dampaknya Pada Lingkungan, Studi Kasus Pada Sapir Square Mall, Tugas Kelompok MSTT, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Khisty, C. Jostin dan B. Kent Lall, 2005. Dasar-dasar Rekayasa Transportasi, Jakarta: Edisi Ke-3, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Khisty, C. Jostin dan B. Kent Lall. 2006. Dasar-dasar Rekayasa Transportasi, Jakarta: Edisi Ke-3 Jilid 2. Jakarta: Erlangga. Jakarta.

Miro, Fidel, 2005. Perencanaan Transportasi, Jakarta: Erlangga. Jakarta.

Morlok, E. K, 1995. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Jakarta: Erlangga. Jakarta.

Munawar, Ahmad, 2004. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Yogyakarta: Beta Offset. Yogyakarta.

Oglesby, C H. et al, 1993. Teknik Jalan Raya I, Jakarta: Erlangga. Jakarta.

Prayitno, Eko, 2007. Simpang Bersinyal, Headway, Volume Penyebrang Jalan, Kecepatan Pejalan Kaki. Laporan Survey MSTT, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Purnomo, Ari Eko, 2014. Analisis Kebutuhan Ruang Parkir Untuk Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Kampus Tembalang. Jurnal Karya Teknik Sipil. Universitas Diponegoro. Semarang.
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkts/article/view/6338. Diakses tangga 02 September 2020.

Risdiyanto, 2014. Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Leutika Prio.

Roess, Roger P, 2004. Trafffic Engineering, Edisi Ke-3. United State of America: Pearson Education, Inc.

Tamin, O.Z, 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi ke II. Bandung; ITB. Bandung.

Warpani, S, 2007. Merencanakan Sistem Perangkutan, Bandung: ITB. Bandung.
Published
2020-12-31
How to Cite
PRAYITNO, Eko; TRIANA, Era. ANALISIS LAHAN, ALTERNATIF DAN POLA PERPARKIRAN KENDARAAN DI SEKOLAH TINGGI ILMU FARMASI PADANG. Jurnal Pembangunan Nagari, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 211-224, dec. 2020. ISSN 2527-6387. Available at: <http://ejournal.sumbarprov.go.id/index.php/jpn/article/view/187>. Date accessed: 21 apr. 2021. doi: https://doi.org/10.30559/jpn.v5i2.187.
Section
Articles