Pengaruh Materi Pembelajaran dan Pengetahuan Terhadap Perilaku Peserta Program Sekolah Keluarga dangan Lingkungan Keluarga sebagai Variabel Moderating di Kota Bukittinggi

  • Titin Titin Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim, Bukittinggi, Indonesia
  • Almasdi Almasdi Institut Teknologi dan Bisnis Haji Agus Salim, Bukittinggi, Indonesia

Abstract

Sekolah Keluarga hadir sebagai inovasi pelayanan publik dengan tujuan untuk memperbaiki fungsi dari keluarga dan menyatupadukan pola pembinaan dari anggota keluarga yang berorientasi dengan peningkatan kualitasketahanan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Materi Pembelajaran dan Pengetahuan Terhadap Perilaku Peserta Program Sekolah Keluarga dengan Lingkungan Keluarga Sebagai Variabel Moderating di Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini dengan metode Structural Equation Modelling berbasis varians Smart PLS, objek penelitian adalah peserta sekolah keluarga di Bukittinggi, jumlah sampel sebanyak 223 responden. Hasil menunjukkan bahwa materi pembelajaran, pengetahuan dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap perilaku peserta sekolah keluarga. Dalam faktor memoderasi lingkungan keluarga memperlemah pengaruh materi pembelajaran terhadap perilaku, lingkungan keluarga mampu memperkuat pengaruh pengetahuan terhadap perilaku peserta sekolah keluarga. Mengingat banyaknya manfaat dan ilmu pengetahuan yang didapatkan diharapkan program sekolah keluarga dilaksanakan secara berkesinambungan dalam upaya menciptakan keluarga hebat dan tangguh. Kesimpulan dari artikel ini bahwa materi pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku peserta sekolah keluarga di Bukittinggi, pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku peserta sekolah keluarga di Bukittinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, M. S. (2013). Pengembangan Materi Pembelajaran. Blogs .uny.ac.id
Astuti, Y. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penurunan Kasus Kekerasan pada Anak Disabilitas di Kota Bukittinggi. Jurnal .ugp.ac
Atalia,P.(2022) pengaruh pengembangan progam komunikasi instruksional sekolah nonformal ‘Sekoper Cinta’ terhadap perubahan perilaku peserta didik di provinsi Jawa Barat,https://www.unpad.ac.id
Andhi, R. (2016) Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Sekolah Terhadap Perilaku . Jurnal unismush.ac.id
Bustamar, A. (2022). Sekolah Keluarga Konstruksi Ketahanan Keluarga Pada Masa Pandemik Covid-19 Di Kota Bukittinggi.jurnal.iain kudus.ac.id
Debora. (2020). Implementasi Program Sekolah Keluarga.
DP3APPKB. (2019). Laporan inovasi Program Sekolah Keluarga.
D & Ruli, C. D. (2021). Skripsi Literature Review Penggunaan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Literature Review Penggunaan Media Leaflet.
Fitriany, M. S., Farouk, H. H., & Taqwa, R. (2016). Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Kesehatan Lingkungan (Studi di Desa Segiguk sebagai Salah Satu Desa Penyangga Kawasan Hutan Suaka Margasatwa Gunung Raya Ogan Komering Ulu Selatan).
Hadian, V. A., Maulida, D. A., & Faiz, A. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.
Imam, G. Structural Equation Modeling- Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Universitas Dipenogoro Semarang.
Josua, & Nursetiawati. (2019). ANALITIKA Jurnal Magister Psikologi UMA Socioeconomic Status and Family Environment in Adolescent Altruistic Behavior South Jakarta.
Kedang, Y. K., Rini, D. I., & Sasputra, I. N. (2019). Pengaruh pengetahuan dan sikap Terhadap Perilaku Pencegahan HIV / AIDS Pada Murid Sman 4 Kupang.
Luthfia, A. (2022). Penyelenggara Sekolah Keluarga Kota Bukittinggi Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Komunikasi. Jurnal Penelitian
Lindawati, YD. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Moral Peserta Didik, Journal.Stitaf.ac.id.
Marfuatun, M., Nur Kholisho, Y., & Afifah, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Tingkah Laku Anak.
Muhammad Yaumi. (2015). Action research Teori Model dan Aplikasi. In Pflege (Vol. 28, 5).
MENPANRB, H. (2019). Laporan Walikota tentang Sekolah Keluarga di Humas Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reforrmasi Birokrasi (PANRB).
Mardliyah, S. (2021) Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Universitas Negeri Surabaya
Notoatmodjo, S. (2014). Metodelogi Penelitian Kesehatan.Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2015). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. In Jakarta: Rineka Cipta.
Noftafia Susanti, (2021). Pengaruh Pengaruh Pendidikan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Dengan Kepemimpinan Transformasional Sebagai Variabel Moderating.
Pratiwi, D. P, Studi, P., Ekonomi, P., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar
Rina Rahayu, A. A. (2015). Pengaruh Pendidikan, Lingkungan Keluarga, Pergaulan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penyimpangan Kerja dan Keuangan. Ilmu Manajemen Magistra, 1(1), 1–15.
Sari, F. M., Rahmi, A., Yusri, F., & Arif, M. (2023). Ketahanan Keluarga Pasca Mengikuti Sekolah Keluarga. 2(1), 34–42.
Sofiana, N. E. (2020). Sekoper Cinta: Sekolah Peningkatan Kualitas Perempuan Di Tatar Sunda. Humanisma: Journal of Gender Studies,
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D. Alfabeta.
Sugiyono. P.D (2013). Metode Penelitian Manajemen, Bandung. Alfabeta.
Utami, R. W., & Afrizal, S. (2022). Implementasi Pemberdayaan Perempuan Melalui Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera Di Kelurahan Kepuh. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora
Wafa, K. Empowering Women Through Sekoper Cinta Program To Build Family Welfare Based On Community Civics Perspective.Universitas Pendidikan Indonesia,
Zahira, P. & Mashur, D. (2021). Journal of Social and Policy Issues Efektivitas Program Sekolah Keluarga di Kota Bukittinggi.
Published
2023-12-30
How to Cite
TITIN, Titin; ALMASDI, Almasdi. Pengaruh Materi Pembelajaran dan Pengetahuan Terhadap Perilaku Peserta Program Sekolah Keluarga dangan Lingkungan Keluarga sebagai Variabel Moderating di Kota Bukittinggi. Jurnal Pembangunan Nagari, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 128-140, dec. 2023. ISSN 2527-6387. Available at: <http://ejournal.sumbarprov.go.id/index.php/jpn/article/view/413>. Date accessed: 21 july 2024. doi: https://doi.org/10.30559/jpn.v8i2.413.
Section
Articles