Karakteristik Kelembagaan dan Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kota Pekanbaru: Pendekatan Multisektor

  • Afriyanni Afriyanni Balitbang Kota Pekanbaru, Pekanbaru, Indonesia
  • Nugraheni Restu Kusumaningrum Balitbang Kota Pekanbaru, Pekanbaru, Indonesia
  • Azmansyah Azmansyah Universitas Islam Riau, Pekanbaru, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik kelembagaan ekonomi kreatif di Kota Pekanbaru, mengidentifikasi kendala yang dihadapi, dan merumuskan strategi untuk memperkuat kelembagaan sektor ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data menggabungkan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian mengungkapkan adanya permasalahan dalam legalitas organisasi, perizinan, permodalan, dan dukungan pemerintah yang belum optimal bagi pengembangan kelembagaan ekonomi kreatif di Kota Pekanbaru. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan peran pemerintah daerah khususnya Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dalam melakukan pendampingan, pembinaan dan edukasi kepada pelaku ekonomi kreatif terutama dalam hal legalitas produk dan kelembagaan, meningkatkan pelayanan dan fasilitasi perizinan usaha, mendorong dan menfasilitas kerjasama dan kolaborasi pelaku ekonomi kreatif serta membangun database ekonomi kreatif yang valid danup to date.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjaningrum, W. D., & Sidi, A. P. (2018). Jurnal Ekonomi Modernisasi. 14(1), 40–56.
Arfah, L. (2023). Analisis Performa Pemasaran pada Industri Kreatif di Pekanbaru (Studi Empiris pada Pusat Oleh-oleh Khas Riau). Bussman Journal: Indonesian Journal of Business and Management, 3(2), 634–646.
Arifiyanto, J. (2023). Company Forms in Digital Economy Era. Neoclassical Legal Review: Journal of Law and Contemporary Issues, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.32734/nlr.v2i1.11512
Aswin, A., Ariesmansyah, A., & Indrianie, M. (2022). Collaborative Governance Model in the Development Center of Economic Empowerment and Community Creativity in Bandung City. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(5), 1189–1208. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i5.1071
Chen, Y. S., Lin, D. W., Hsu, Y. L., & Chang, P. L. (2013). Legal Safeguard from Intellectual Property Rights of Cultural Creative Industry. Applied Mechanics and Materials, 311, 305–309. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.311.305
Dewandaru, B. (2016). Strategi Dalam Memajukan Industri Kreatif Dan Pengembangan Ekonomi Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata (Studi Pada Kesenian Jaranan di Kota Kediri). Jurnal Ekonomi Universitas Kediri, 1(2), 170–187.
Djulius, H., Juanim, J., Wongyu, C., & Santy, R. D. (2019). Creative Industry, Creative City and Creativity Spillover in Indonesia: Preliminary research. Proceedings of the 1st International Conference on Economics, Business, Entrepreneurship, and Finance (ICEBEF 2018). Proceedings of the 1st International Conference on Economics, Business, Entrepreneurship, and Finance (ICEBEF 2018), Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/icebef-18.2019.77
Ellis Susmawati, Sugiono, & Subagyo. (2022). Creative Economic Development Strategies and Contributions to the Economic Development of Kediri City 2016-2019. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 2(1). https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i1.216
Fakhriyyah, D. D., Susanti, Y., & Laili, S. S. (2022). Pengembangan Inovasi Produk dan Penggunaan Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Penjualan UMKM Makanan. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(1), 9. https://doi.org/10.33474/jp2m.v3i1.13198
Fazlagić, J., & Szczepankiewicz, E. I. (2020). The Role of Local Governments in Supporting Creative Industries—A Conceptual Model. Sustainability, 12(1), 438. https://doi.org/10.3390/su12010438
Ginting, A. M. (2017). Strategi pengembangan ekonomi kreatif di provinsi jawa barat (the development strategy of creative economic in the west java province). 22(1).
Goto, K. (2017). Why Do Governments Financially Support the Creative Industries? In S. Hemels & K. Goto (Eds.), Tax Incentives for the Creative Industries (pp. 21–31). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-287-832-8_3
Hendrawan, Y. F. (2022). Analisis Kontribusi Subsektor Industri Kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di Tulungagung. Al Iqtishadiyah Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Ekonomi Syariah, 7(1), 17. https://doi.org/10.31602/iqt.v7i1.4035
Izzah Nur Masyithoh & Ivo Novitaningtyas. (2021). Pengaruh Digital Martketing terhadap Minat Beli Konsumen pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 7(1). https://doi.org/10.36805/manajemen.v7i1.1951
Kuznetsov, N., Tyaglov, S., Ponomareva, M., Rodionova, N., & Sapegina, K. (2022). Development Priorities for the Regional Innovation System Based on the Best Available Technologies. Sustainability (Switzerland), 14(3). Scopus. https://doi.org/10.3390/su14031116
Lahamid, Q. (2018). Hambatan dah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Syariah di Kota Pekanbaru. Jurnal Sosial Budaya, 15(1).
Luciana, M., & Aldi, E. (2018). Analisis Daya Saing Industri Kreatif (Studi Kasus Di DKI Jakarta). Jurnal Ilmu Ekonomi & Sosial, IX(1), 1–21.
Mabrur, Y., Sarma, M., & Baga, L. M. (2023). Development Strategy of Bekasi Creative Hub (BCH) when Developing Bekasi City’s Creative Economy. JURNAL MANAJEMEN AGRIBISNIS (Journal Of Agribusiness Management), 11(01), 199. https://doi.org/10.24843/JMA.2023.v11.i01.p16
Mahira, E. D. (2019). Strategi dalam memajukan industri kreatif dan pengembangan ekonomi lokal. 2(1), 72–78.
Nareswari, N., Nurmasari, N. D., & Putranti, L. (2023). Financial Constraints of Micro, Small, and Medium-sized Enterprises (MSMEs) in the Indonesia Creative Industries. Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 25(3), 312–321. https://doi.org/10.14414/jebav.v25i3.3433
Oktaviana, O., & Bachruddin, D. T. (2017). Kebijakan Peningkatan Kontribusi Sektor Ekonomi Kreatif Bagi Perekonomian di Provinsi Banten. Prosiding Seminar Nasional Riset Terapan | SENASSET, November, 88–93.
Panova, I., Stepenenko, V., & V. N. Karazin Kharkiv National University. (2022). Theoretical Fundamentals of Creative Economics Research. Herald of Khmelnytskyi National University. Economic Sciences, 306(3), 213–217. https://doi.org/10.31891/2307-5740-2022-306-3-31
Pratomo, S., Ashar, K., & Satria, D. (2021). Role of Creative Economy on Local Economic Development. Journal of Indonesian Applied Economics, 9(2), 27–35. https://doi.org/10.21776/ub.JIAE.009.02.4
Rafika, N., Intihayah, N., & Sugiyanto, E. K. (2022). Jurnal Ekonomika dan Bisnis. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 9(1), 195–208.
Ramadhani, S. A. (2020). Analisis Daya Saing Ekonomi Kreatif di Kota Pekanbaru. 6(1).
Ramadhani, S. A. (2021). Analisis inovasi produk pada ekonomi kreatif sektor kerajinan galeri Batik Tabir Riau di Kota Pekanbaru. SYNERGY: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 1(1), 11–15. https://doi.org/10.52364/synergy.v1i1.2
Rian Saputra, & Mutiyara, S. (2023). Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Guna Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Kota Banjarmasin. AN NUQUD, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.51192/annuqud.v2i1.429
Rivani, R., Rizal, M., & Darwis, R. S. (2019). Analysis of Financing Characteristics for Creative Industries in Bandung City. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan Vol.4, 4(1), 7373–7384.
Ruth, L. B., & Hutabarat, F. W. M. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Kuliner di Kota Malang Berbasis Ekonomi Kreatif. JESP, 7(1), 12–20.
Saehu, Muh. S., Ansori, A., Suharto, S., Purnamasari, D. P., & Simbolon, G. (2023). Realizing the Narrative: Higher Education Strategies as Creative Economy Agents in Indonesia. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1471–1479. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3079
Santoso, R. (2022). Disrupsi Pandemi dan Strategi Pemulihan Industri Kreatif. JMK (Jurnal Manajemen Kewirausahaan), 7(1), 48–58.
Shabillia, L., & Santoso, B. (2023). Analisis Yuridis Terhadap Pembiayaan Berbasis Kekayaan Intelektual dalam Ekosistem Ekonomi Kreatif di Indonesia. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 5(1), 737–746. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v5i1.2871
Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212
Sung, T. K. (2015). The creative economy in global competition. Technological Forecasting and Social Change, 96, 89–91. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2015.04.003
Suryansyah, S. (2019). Legal Protection on Intellectual Property Rights in the Development of Creative Economy in Mamuju Regency. Substantive Justice International Journal of Law, 2(1), 54. https://doi.org/10.33096/substantivejustice.v2i1.30
Sutra Disemadi, H., & Kang, C. (2021). Tantangan Penegakan Hukum Hak Kekayaan Intelektual dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Komunikasi Hukum (JKH), 7(1), 54. https://doi.org/10.23887/jkh.v7i1.31457
Syahsudarmi, S. (2019). Peran Triple Helix dalam Mendorong Ekonomi Kreatif UMKM di Kota Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 5(2), 88–99. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v5i2.343
Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408
Tarina, A. (2020). Urgensi izin usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik bagi usaha mikro dan kecil. Jurnal Pelita Ilmu, 14(2), 88–100.
Published
2024-06-28
How to Cite
AFRIYANNI, Afriyanni; KUSUMANINGRUM, Nugraheni Restu; AZMANSYAH, Azmansyah. Karakteristik Kelembagaan dan Strategi Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kota Pekanbaru: Pendekatan Multisektor. Jurnal Pembangunan Nagari, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 48-61, june 2024. ISSN 2527-6387. Available at: <http://ejournal.sumbarprov.go.id/index.php/jpn/article/view/460>. Date accessed: 21 july 2024. doi: https://doi.org/10.30559/jpn.v9i1.460.
Section
Articles