Analisis Pengaruh Pengetahuan dan Status Sosial terhadap Persepsi Masyarakat pada Perbankan Syariah

  • Reci Puspita Sari STAI YAPTIP Pasaman Barat, Pasaman Barat, Indonesia
  • Fajar Budiman STAI YAPTIP Pasaman Barat, Pasaman Barat, Indonesia
  • Yossi Eriawati STAI YAPTIP Pasaman Barat, Pasaman Barat, Indonesia
  • Elfadhli Elfadhli UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Tanah Datar, Indonesia

Abstract

Studi ini melihat bagaimana pengetahuan dan status sosial mempengaruhi cara masyarakat melihat perbankan syariah. Sejak tahun 1990-an, perbankan syariah di Indonesia telah berkembang pesat, tetapi orang masih jarang menggunakannya, terutama di daerah pedesaan dan kelompok berpenghasilan rendah. Sementara itu, persepsi masyarakat tentang bank syariah sangat memengaruhi keputusan mereka untuk menggunakan layanan ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis multiple linear regression, dan 177 orang berpatisipasi sebagai respoden penelitian. Disamping itu analisis deskriptif juga dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap perbankan syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat tentang perbankan syariah secara signifikan dipengaruhi oleh status sosial mereka dan pengetahuan mereka tentang subjek tersebut. Orang-orang yang lebih berpengetahuan dan memiliki status sosial yang lebih baik cenderung memiliki persepsi yang lebih baik tentang perbankan syariah. Selain itu, perspektif masyarakat juga dipengaruhi oleh komponen risiko dan keuntungan. Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan literasi keuangan dan pengembangan layanan perbankan syariah sangat penting untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, terutama di kalangan masyarakat ekonomi bawah. Hasilnya memberikan rekomendasi untuk pengembangan kebijakan yang lebih responsif dan inklusif yang membantu pertumbuhan ekonomi yang lebih merata dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bouzekouk, S., & Mansor, F. (2024). The factors influencing the selection of fund management companies by Malaysian retail investors in the context of islamic unit trust funds. Borsa Istanbul Review, October 2023, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.bir.2024.06.007
Butarbutar, M., Anisah, H. U., Theng, B. P., Setyawati, C. Y., Nobelson, Islami, P. Y. N., Sari, I. P., Sufyati, Waruwu, D., Anwar, K., Dahlan, T., Sisca, & Triwardani, D. (2022). Metodologi Penelitian: Pendekatan Multidisipliner (A. Sudirman (ed.)). CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Dalimunthe, N., Lubis, N. K., Islam, U., Sumatera, N., & Ekonomi, P. (2023). Peran Lembaga Perbankan Terhadap Pembangunan Eekonomi : Fungsi Dan Tujuannya Dalam Menyokong Ketenagakerjaan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(30), 956–963. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/jms.v8i4.20997
Elfadhli, Budiman, F., & Bonavido, N. (2024). The Role Of The Regional Development Agency In The Economic Development. E-Jurnal Apresiasi Ekonomi, 12(1), 21–28.
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian : Literature Review General Sampling Techniques in Research Methodology : Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik, 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927
Hasibuan, F. U., Wahyuni, R., Ekonomi, F., Bisnis, D., Islam, M. P. N., & Keputusan, T. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah ( Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa ). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(01), 22–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v6i1.790
Iffah, L., Abdullah, M. F., & Aini, Y. N. (2018). Persepsi Nasabah Terhadap Tingkat Kualitas Pelayanan. FALAH Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 79–96.
Jayanti, F., & Arista, N. T. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Kompetensi, 12(2), 205–223.
Kamarni, N., Handra, H., & Anshori, M. (2022). The Financial Inclusion of Islamic Banking for Low-Income Communities: Case Study In West Sumatera. JEBIS: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 8(1), 32–53. https://doi.org/10.20473/jebis.v8i1.30449
Kontot, K., Hamali, J., & Abdullah, F. (2016). Determining Factors of Customers ’ Preferences : A Case of Deposit Products in Islamic Banking. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 224(August 2015), 167–175. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.05.435
Lubis, R. S., & Edi, S. (2024). Analisis Persepsi Masyarakat Terhadap Produk-produk Perbankan Syariah : Studi Kasus pada Masyarakat Desa Sei Rotan. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(6), 3495–3503. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/elmal.v5i6.2640
Maswadeh, S. N. (2015). An Evaluation of SMEs Satisfaction toward Jordanian Islamic Banks Service Quality. Procedia Economics and Finance, 23(October 2014), 86–94. https://doi.org/10.1016/S2212-5671(15)00463-3
Menne, F., Surya, B., Yusuf, M., Suriani, S., Ruslan, M., & Iskandar, I. (2022). Optimizing the Financial Performance of SMEs Based on Sharia Economy : Perspective of Economic Business Sustainability and Open Innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(1), 18. https://doi.org/10.3390/joitmc8010018
Muchlis, M. (2021). Persepsi Nasabah Terhadap Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1793–1798. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3602
Nugraha, C. A., Riyanto, J., & Gozali, I. (2017). Pengaruh Persepsi Dan Nilai Nasabah Terhadap Tingkat Kepercayaan Bank (Studi Pada Nasabah Bank BPR Syariah Di Kota Semarang). Media Ekonomi Dan Manajemen, 32(1), 71–79.
Oktaviani, A., & Rachmawati, L. (2019). Persepsi nasabah Tentang Kepatuhan Syariah dan Good Corporate Governance Terhadap Loyalitas Nasabah BNI Syariah Kantor Cabang Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 162–169. https://doi.org/http://journal.unesa.ac.id/index.php/jie
Otoritas Jasa Keuangan, R. (2024). Statistik Perbankan Syariah (Edisi Mei, Issue April). Departemen Pengelolaan dan Data Statistik Otoritas Jasa Keuangan.
Riaz, U., Burton, B., & Fearfull, A. (2023). Critical Perspectives on Accounting Emotional propensities and the contemporary Islamic banking industry. Critical Perspectives on Accounting, 94(January 2020), 102449. https://doi.org/10.1016/j.cpa.2022.102449
Sholikin, E. R., & Pratiwi, I. E. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariah ( Studi Kasus : Masyarakat Distrik Abepura ). El Mudhorib : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(1), 46–58. https://doi.org/https://doi.org/10.53491/elmudhorib.v1i1.88
Sugioyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Ed: Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta.
Utama, A. S. (2020). Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia. Unes Law Review, 2(3), 290–298. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/unesrev.v2i3.121
Widowati, A. S., & Mustikawati, R. I. (2018). Pengaruh Pengetahuan produk Tabungan, Reputasi Bank, dan Persepsi Nasabah Mengenai Suku Bunga Simpanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah. JURNAL NOMINAL, VII(2), 141–156. https://doi.org/10.21831/nominal.v7i2.21643
Wijanarko, A., & Rachmawati, L. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Islamic Branding, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Layanan Keuangan Syariah. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(1), 104–116. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jei/article/view/26476
Zainudin, Wahyuni, E., Mustaqim, Septiani, R., & Budiman, F. (2024). Memahami Peran Karakteristik Bisnis dalam Menghadapi Tantangan Global. RISALAH IQTISADIYAH: Journal of Sharia Economics, 3(1), 38–46.
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45.
Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2021). Pengaruh Religiusitas, Persepsi dan Motivasi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Perbankan Syariah. Jurnal Perbankan Syariah, 2(2), 114–130. https://doi.org/https://doi.org/10.46367/jps.v2i2.342
Published
2024-12-30
How to Cite
SARI, Reci Puspita et al. Analisis Pengaruh Pengetahuan dan Status Sosial terhadap Persepsi Masyarakat pada Perbankan Syariah. Jurnal Pembangunan Nagari, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 92-104, dec. 2024. ISSN 2527-6387. Available at: <http://ejournal.sumbarprov.go.id/index.php/jpn/article/view/482>. Date accessed: 15 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.30559/jpn.v9i2.482.
Section
Articles