Penerapan Teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Self-Esteem Remaja Mentawai di Panti Asuhan Al-Falah Kota Padang
Abstract
Fenomena yang ditemukan pada remaja Mentawai di Panti Asuhan yang mengalami kesulitan untuk mengembangkan bakat, minat, skill. Hal ini cenderung disebabkan karena rendahnya self-esteem yang mengakibatkan mereka sikap negatif. Tujuan penelitian adalah meningkatkan self-esteem remaja Mentawai sebelum dan sesudah diberikan teknik Cognitive Behavorial Theraphy (CBT). Jenis penelitian ini kuantitatif-eksperimen dengan pendekatan one-group pretest-posttest design. Penelitian berlokasi di Panti Asuhan Al-Falah Kota Padang. Subjek penelitian adalah remaja yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor pretest dan posttest self-esteem remaja setelah diberikan teknik CBT. Dalam hal ini teknik CBT efektif meningkatkan self-esteem remaja Mentawai di Panti Asuhan Al-Falah Kota Padang. Rekomendasi hasil penelitian ini adalah konselor, pengurus panti dan Dinas Sosial dapat merumuskan program konseling untuk meningkatkan keyakinan rasional dan self-esteem remaja dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Adriani, R. B., Sulistyowati, D., Darmawan, R. E., & Donsu, J. D. (2022). Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Terhadap Stigma Diri, Harga Diri dan Kualitas Hidup Pasien TBC. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 13(2) 243–251. https://doi.org/10.34035/jk.v13i2.873
Ahmad, E. H. (2019). Cognitive-Behavioral Therapy untuk Menangani Kemarahan Pelaku Bullying di Sekolah. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(1), 14–17. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i1.860
Angelina, P., Christanti, F. D., & Mulya, H. C. (2021). Gambaran Self Esteem Remaja Perempuan yang Merasa Imperfect Akibat Body Shaming. EXPERIENTIA: Jurnal Psikologi Indonesia, 9(2), 94–103. https://dx.doi.org/10.33508/exp.v9i2.2889
Aspriyani, R. (2020). Self Esteem Siswa terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 13(2), 285–297. http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v13i2.8582
Ayodya, P. T., & Jayanti, A. M. (2023). Hubungan Self Esteem terhadap Body Image pada Primigravida di Usia Kehamilan Trimester III. Indonesian Psychological Research, 5(2), 92–101. https://doi.org/10.29080/ipr.v5i2.990
Baen, S., & Wahyuni, E. (2023). Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy (CBT): Literatur Review untuk Mengatasi Stres Akademik Peserta Didik. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(2), 181–190. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i2.11050
Basniati, A., Ramadany, S., Tamar, M., Nurhikmah, N., & Astuti, F. (2020). Pengaruh Video Learning Multimedia terhadap Pengetahaun, Sikap dan Perilaku Menstrual Hygiene pada Remaja Putri. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan, 7(2), 108–119. https://doi.org/10.35316/oksitosin.v7i2.657
Budiasningrum, R. S., Utami, R. J., Mahendika, D., Vanchapo, A. R., Velyna, T., & Pranajaya, S. A. (2023). Meningkatkan Self Esteem Siswa melalui Pendekatan Cognitif Behaviot Therapy dengan Teknik Self Instruction. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2748–2753. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/22143
Corey, G. (2005). Teori dan praktek konseling dan psikoterapi.
Deasy, H., Astuti, K., & Budiyani, K. (2020). Pelatihan Berfikir Positif untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Remaja Yatim Piatu di Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 16(2), 1–7. https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/739
Dewi, A. R., Kusumawardani, D., & Triana, D. D. (2021). Eksplorasi Gerak Untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Korban Kekerasa Keluarga. Jurnal Pendidikan Tari, 2(1), 31–45. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpt/article/download/22943/11376/
Ekasari, A., & Andriyani, Z. (2013). Pengaruh Peer Group Support dan Self-Esteem terhadap Resilence pada Siswa SMAN Tambun Utara Bekasi. SOUL: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 6(1), 1–20. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/soul/article/view/631/518
Elizabeth, B. H. (2016). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga
Fitra, N. A., Desmita, D., & Irman, I. (2021). Hubungan Self-Esteem dan Body Image pada Remaja Putri di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA). Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 3(2), 84–93. http://dx.doi.org/10.31958/istinarah.v3i2.4534
Fitriah, A., & Hariyono, D. S. (2019). Hubungan Self Esteem terhadap Kecenderungan Depresi Pada Mahasiswa. Psycho Holistic, 1(1), 8–17. https://doi.org/10.35747/ph.v1i1.586
Freud, A. (2018). Normality and pathology in childhood: Assessments of development. Routledge.
Gnambs, T., Scharl, A., & Schroeders, U. (2018). The Structure of the Rosenberg Self-Esteem Scale. Zeitschrift Für Psychologie.
Gunawan, U. P. (2020). Penerapan Cognitive Behavior Therapy Pada Anak Di Kelurahan Kebon Waru Kota Bandung. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial HUMANITAS, 2(1), 43–55. https://journal.unpas.ac.id/index.php/humanitas/article/view/2644
Hanabella, R., & Candra, T. N. P. (2021). Eksplorasi Implementasi Circle Time pada Sekolah Dasar yang Menerapkan Gerakan Sekolah Menyenangkan: Exploration of Circle Time Implementation in Elementary Schools of Gerakan Sekolah Menyenangkan. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 12(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/jptt.v12n1.p1-18
Hardianti, R., Erika, E., & Nauli, F. A. (2021). Hubungan Antara Rasa Syukur Terhadap Kesehatan Mental Remaja di SMA Negeri 8 Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 11(2), 215–227. https://doi.org/10.31258/jni.11.2.215-227
Hasan, N., & Shah, F. A. (2019). Al-Nafs Sebagai Self Dalam Konstrak Self-Esteem Menurut Al-Hadith [Al-Nafs as the Self in Self-Esteem Construct in Hadith Perspective]. Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari, 20(1), 1–28. https://doi.org/10.37231/jimk.2019.20.1.257
Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Elex Media Komputindo.
Lestari, Y. I. (2021). Kebersyukuran mampu meningkatkan subjective well-being pada remaja muslim. Jurnal Psikologi, 17(1), 31–46. http://dx.doi.org/10.24014/jp.v17i1.10944
Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 120–132. http://dx.doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.3965
Manurung, A. S., Halim, A., & Rosyid, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1274–1290. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.544
Mudak, S., & Manafe, F. S. (2023). Pemulihan Citra Diri Remaja Madya: Integrasi Psikologi dan Teologi. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 5(1), 60–72. https://ojs-jireh.org/index.php/jireh/article/view/143
Mukhlis, Z. (2022). Rumus Produktif ala Muslim. Elex Media Komputindo.
Mustika, D. (2022). Model-Model Pembelajaran IPA SD dan Aplikasinya. CV. Mitra Cendekia Media.
Putra, H. P. (2017). Peningkatan Self Esteem Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sugesti. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(1), 95–111. http://dx.doi.org/10.29240/jbk.v1i1.230
Putri, J. E., Neviyarni, N., Marjohan, M., Ifdil, I., & Afdal, A. (2022). Konsep Self Esteem pada Wanita Dewasa Awal yang Mengalami Perceraian. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 20–25. http://dx.doi.org/10.29210/1202221495
Putrikita, K. A. (2021). Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Untuk Mengatasi Bulimia Nervosa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 23(1), 1–18. https://doi.org/10.26486/psikologi.v23i1.1435
Qalbi, N., Adam, A., & Ahri, R. A. (2022). Pengaruh Cognitive Behavioral Therapy (CBT) terhadap Self-Esteem Pengguna Methamphetamine: Effect of Cognitive Behavioral Therapy (CBT) on Self-Esteem of Methamphetamine Users. Journal of Muslim Community Health, 3(2), 24–34. https://doi.org/10.52103/jmch.v3i2.858
Rahmania, F. A., & Kumolohadi, R. A. R. (2023). Peningkatan Kemampuan Pengendalian Emosi dengan Terapi Kognitif Perilaku pada Klien Skizofrenia Paranoid. Procedia: Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 11(2), 37–42. https://doi.org/10.22219/procedia.v11i2.25426
Santi, N. N. (2017). Dampak Kecenderungan Narsiscisme terhadap Self Esteem pada Pengguna Facebook Mahasiswa PGSD UNP. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 25–30. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v5i1.319
Sigalingging, G., Nasution, Z., & Pasaribu, R. (2020). Harga diri (self esteem) lansia yang mengalami demensia. Holistik Jurnal Kesehatan, 14(1), 59–66. https://doi.org/10.33024/hjk.v14i1.1938
Simbolon, A. M. (2022). Meningkatkan Minat Belajar dan Kepercayaan Diri Remaja Panti Asuhan Menggunakan Media Youtube. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora, 1(2), 170–175. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i2.529
Srisayekti, W., & Setiady, D. A. (2015). Harga-Diri (Self-Esteem) Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141–156. https://doi.org/10.22146/jpsi.7169
Steinem, G. (2012). Revolution from within: A book of self-esteem. Open Road Media.
Sugiyono, S. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Jurnal Pembangunan Nagari and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pembangunan Nagari.
We hold the copyright regarding all the published articles and have the right to multiply and distribute the article under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY NC).
The Copyright Transfer Agreement can be downloaded HERE.
please fill, sign, scan and send it back in PDF format to myus8896@gmail.com and rosdalia@gmail.com