PENILAIAN KONDISI PERKERASAN JALAN NASIONAL WILAYAH II PROVINSI SUMATER BARAT RUAS JALAN SOLOK-SAWAH LUNTO
Abstract
Permukaan Jalan Nasional Wilayah 2 Provinsi Sumatera Barat di ruas Jalan Solok-Sawah Lunto mengalami kerusakan seperti terjadinya retak-retak, banyak tambalan, dan lubang-lubang sehingga mengakibatkan waktu tempuh jadi lama dan dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas yang membahayakan bagi pengguna jalan. Tingkat kerusakan perkerasan jalan dapat di minimalisasi jika diketahui sejak dari awal. Untuk memprediksi kondisi perkerasan dengan baik, dibutuhkan suatu evaluasi dan penilaian secara periodik sehingga hasilnya dapat dijadikan rujukan dalam penanganannya. Guna mendapatkan informasi mengenai kondisi perkerasan dan jenis kerusakan yang terjadi pada jalan Wilayah 2 Provinsi Sumbar, dilakukan penelitian pada ruas jalan Solok-Sawah Lunto, km 68+000-85+000. Metode yang digunakan adalah survei lapangan untuk mengetahui jenis kerusakan, dimensi kerusakan, tingkat kerusakan, dan data lalu lintas harian. Analisis penilaian digunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) dan Metode Bina Marga. Hasil penilaian berdasasarkan Metoda PCI ditemukan nilai PCI 51.03 dan menurut Metode Bina Marga diperoleh nilai kondisi jalan 6 dan urutan prioritas 4. Kedua hasil penilaiaan menujukan bahwa kondisi ruas jalan dalam kondisi sedang sehingga memerlukan pemeliharaan berkala.
Downloads
References
Anugrah, D., 2012. Cost Analysis of road maintenance and rehabilitation due to overloading (Ouding Besar – Kota Waringin roadway bangka regency). Tesis Magister. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
ASTM D6433-11, 2011. Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys, ASTM International, West Conshohocken, PA
Dijen Bina Marga, 2011. Perturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 13 /PRT/M/2011 tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan. Departemen Pekerjaan Umum.
Ditjen Bina Marga, 1992. Petunjuk Praktis Pemeliharaan rutin Jalan. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.
Ditjen Bina Marga, 1990. Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.
Hardi, W. Purnawan, Gunawan, H., 2014. Penentuan Tarif Angkutan Barang Moda Kereta Api Jalur Padang-Solok.
Hariyanto dan Kristin, D. , 2019. Evaluasi Penilaian Perkerasan Jalan dengan Metode Pavement Control Index (PCI) studi Kasus Ruas Jalan Gajah Mada dan Sorogo Kecamatan Cepu. Jurnal.untidar.ac.id/index.php/civilengineering/ P-ISSN 2614-3100 E-ISSN 2614-3119.
Juwita, F. dan Ariadi, D. 2018. Analisus Jenis Kerusakan Perkerasan Lentur Menggunakan Metoda Pavement Condituon Index (Studi Kasus Jalan Ratu Dibalau Bandar Lampung). Tapak 8 (1) : 66-78
Ikhwanudin dan Yudaningrum, F., 2016 . Metode Perbaikan Kerusakan Retak pada Ruas Jalan Kedungmundu-Metesih. Jurnal Ilmiah Teknosains 2 (2) p-ISSN 2460-9986 e-ISSN 2476-9436. http:journal.upgriss.ac.id. diakses 20 September 2019.
Putra, A.K., Rita, E. dan Permata, R. 2019. Analisa Tingkat Perkerasan Lentur denga Metode Pavement Condition dan Bina Marga, (Studi Kasus: Ruas Jalan Padang-Solok, STA 25+400 sampai STA 35+000).
Rita, E., Agusta, R., Carlo, N., 2019. Penilaian Risiko dan Penanganan Kerusakan Ruas Jalan Nasional Padang-Solok-Sawah Lunto. Makalah pada Andalas Civil Engineering Conference 2019. Padang, 29 Oktober 2019.
Setiawan, D, Rezki, L.A., Mahmudah, N. 2007. Inspeksi Keselamatan Jalan Yogyakarta-Wonosari km 18 sampai dengan km 22. Prosiding Simposium Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi ke-20: 1-10, Universitas Hasanuddin. Makassar, 4 – 5 November 2017
Shahin, M. Y. 1994. Pavement Management for Airports, Road, and Parking Lots.New York: Chapman & Hall.
Sekretariat Negara. 2004. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan. Jakarta.
Suwandi, A. Sartono, W. Cristady, H. 2008. Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan dengan Methode PCI untuk menunjang Pengambilan Keputusan (Studi Kasus Jlaan Lingkar Selatan Yogyakarta). Forum Teknik Sipil No. XVIII/3: 936-946.
Yunardhi, H., Alkas, M.Jasir, Sutanto, H. 2018. Analisa Kerusakan Jalan dengan Metoda PCI dan Alternatif Penyelesaian (Studi Kasus: Ruas Jalan D.I. Panjaitan). Jurnal Teknologi Sipil 2 (2): 38-47.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Jurnal Pembangunan Nagari and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pembangunan Nagari.
We hold the copyright regarding all the published articles and have the right to multiply and distribute the article under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY NC).
The Copyright Transfer Agreement can be downloaded HERE.
please fill, sign, scan and send it back in PDF format to myus8896@gmail.com and rosdalia@gmail.com