Analisis Profil Guru SMA Negeri 5 Padang dan Respon Terhadap Ceramah Motivasi “Inspiring Teacher: Menjadi Guru Melahirkan Bintang”

  • Hasmiwati Hasmiwati
  • Henmaidi Henmaidi Universiras Andalas
  • Henny Herwina Universiras Andalas
  • Muhammad Nazri Janra Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Andalas University Padang
  • Dahelmi Dahelmi Universiras Andalas

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan pada sekolah lanjutan tingkat atas memerlukan guru dan tenaga kependidikan yang kompeten dan termotivasi dalam melakukan tugasnya. Salah satu cara dalam memotivasi adalah dengan melakukan pemberian ceramah motivasi secara berkala. Penelitian ini bertujuan melakukan survei kuantitatif terhadap tenaga pendidik di SMA Negeri 5 Padang untuk mengetahui profil mereka berikut dengan responsnya terhadap pelaksanaan kegiatan pemberian motivasi tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pengabdian masyarakat bertema ‘Inspiring Teacher: Menjadi Guru Melahirkan Bintang’ dan dilakukan di SMA Negeri 5 Padang pada tanggal 24 Agustus 2019. Profil dan respons tenaga pendidik disurvei secara terstruktur menggunakan kuesioner. Profil para guru dideskripsikan, berikut dengan dinamika kegiatan pembelajaran yang dialami beserta respons terhadap pelaksanaan ceramah motivasi. Secara garis besar, hampir semua tenaga pendidik di SMA Negeri 5 menyatakan kesesuaian bidang ajar dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Sedangkan dalam dinamika proses belajar mengajar kebanyakan masalah terjadi dengan murid dan wali murid. Tenaga kependidikan memandang bahwa ceramah motivasi dan kegiatan sejenisnya penting untuk dilakukan sebagai bagian dari proses pendidikan yang dilakukan di sekolah. Hal ini selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan untuk mengakomodasikan kegiatan-kegiatan serupa di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmansyah, M. (2016). Tujuan Pendidikan Rohani Dalam Perspektif Pendidikan Sufistik. Ijtimaiyya, 9(1), 91–108. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v9i1.851
Anonim. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2015. https://jdih.kemenkeu.go.id/fullText/2005/14TAHUN2005UU.htm
Anonim. (2007). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007. http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/prosespembelajaran/file/Permendiknas No 16 Tahun 2007.pdf
Asmani, J. M. (2009). Manajemen Pengelolaan dan kepemimpinan Pendidikan Profesional : Panduan Quality Control bagi Para Pelaku Lembaga Pendidikan (1st ed.). DIVA Press.
Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Fauzan, F. (2019). Peran Agama dalam Pembentukan Karakter pada Lembaga Pendidikan. Fikrotuna, 9(1), 1103–1121.
Hamalik, O. (2002). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara.
Henmaidi, H. (2019). Inspiring Teacher: Menjadi Guru Melahirkan Bintang. Materi Pengabdian Masyarakat Mandiri. Universitas Andalas.
Hidayat, R. (2012). Pengaruh Masa Pubertas Terhadap Perilaku Psikososial Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Sumberjaya Kabupaten Majalengka. IAIN Syekh Nurjati.
Jakaria, Y. (2014). Analisis Kelayakan dan Kesesuaian Antara Latar Belakang Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan Mata Pelajaran yang Diampu. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 499–514.
Janra, M. N., Herwina, H., Mairawita, M., & Nurdin, J. (2018). Eksplorasi Aspek Sosio-Ekologi Untuk Mendukung Pembangunan Kawasan Wisata Berwawasan Lingkungan di Kawasan Ekosistem Esensial Pulau Belibis, Solok. 1(4), 306–317.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran : Perspektif Guru dan Siswa. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyono. (2012). Pengaruh Kesesuaian Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Bagian Administrasi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Malang. 1(April), 1–12.
Pramesti, D., & Muhyadi. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMA. Harmoni Sosial Jurnal Pendidikan IPS, 48(90), 27–30.
Rahmi, I. H. G., Nazra, A., Yozza, H., Narwen, N., & Yulianti, Y. L. (2019). Pelaksanaan Bimbingan Belajar Privat serta Kajian Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Matematika untuk Siswa Panti Asuhan. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 2(2), 121–128. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jhi.v2i2.340
Ruqayyah. (2011). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kegiatan Kerohanian Islam (ROHIS) Terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, Pekanbaru [Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2282
Rusydi, M. I., Utami, P. P., Fikri, M., Wibowo, A., Surbakti, A., Halim, P., & Rahman, A. (2019). Mempelajari BAM Melalui Pengembangan Media Ajar Interaktif. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 2(4), 423–434. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jhi.v2i4.b.313
Suyanto, & Hisyam, D. (2000). Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Millenium III (1st ed.). Adicita Karya Nusa.
Syafrawati, S., Nursal, D. G. A., Chikita, R., & Tundun, N. (2019). Upaya Menurunkan Dampak Negatif Gadget Melalui Media Promosi Kesehatan Pada Siswa Sdn 01 Sawahan Kota Padang. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 2(2), 138–148. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/jhi.v2i2.230
Tim Dapodikbud Padang. (2020). Data Guru Kota Padang - Dapodikdasmen. https://dapo.kemdikbud.go.id/guru/2/086100
Tim Dapodikbud Padang. (2021). Sekolah Kita. http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/D4BB5E29-3D64-4E86-A886-4C8F79196AAC
Wendari, W. N., Badrujaman, A., & Sismiati S., A. (2016). Profil Permasalahan Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri Di Kota Bogor. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 134. https://doi.org/10.21009/insight.051.19
Yuliyanti, Y., Winarso, W., & Misri, M. A. (2019). Analisis Profil Guru Matematika dalam Membangun Konsep Diri Siswa. Jurnal Mathematic Paedagogic, 3(2), 107. https://doi.org/10.36294/jmp.v3i2.417
Zamroni. (2018). Living Curriculum AIK Untuk Mengembangkan Kompetensi Ber-Muhammadiyah. Prosiding Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyah, 17–27.
Published
2021-06-29
How to Cite
HASMIWATI, Hasmiwati et al. Analisis Profil Guru SMA Negeri 5 Padang dan Respon Terhadap Ceramah Motivasi “Inspiring Teacher: Menjadi Guru Melahirkan Bintang”. Jurnal Pembangunan Nagari, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 49-59, june 2021. ISSN 2527-6387. Available at: <https://ejournal.sumbarprov.go.id/index.php/jpn/article/view/245>. Date accessed: 22 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.30559/jpn.v16i01.245.
Section
Articles