Reformasi Pelayanan Publik: Best Practice Pelayanan Administrasi Kependudukan Kabupaten Padang Pariaman

  • Vivi Ukhwatul K Masbiran Balitbang Prov.Sumbar
  • Afriyanni Afriyanni Balitbang Kota Pekanbaru
  • Riant Nugroho Yayasan Reformasi Kebijakan

Abstract

Pelayanan administrasi kependudukan tidak terlepas dari patologi birokrasi dan buruknya stigma pelayanan tersebut berusaha dihilangkan oleh pemerintah. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan reformasi pelayanan berdasarkan praktek terbaik yang dilakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Padang Pariaman dengan menggunakan indikator standar manajemen mutu layanan. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan data diperoleh dengan cara studi dokumentasi maupun wawancara mendalam dengan informan kunci yang merupakan pejabat OPD terkait, OPD mitra kolaborasi serta anggota masyarakat penerima layanan. Hasil penelitian menunjukkan reformasi pelayanan publik yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman telah menerapkan prinsip total quality manajement dan dynamic governance dalam kerangka reformasi pelayanan publik. Unsur yang paling menentukan keberhasilan reformasi pelayanan publik bidang administrasi kependudukan dan catatan sipil di Kabupaten Padang Pariaman adalah kepemimpinan birokrasi, inovasi dan kolaborasi. Penelitian ini merekomendasikan agar penerapan best practice ini dapat direplikasi oleh OPD pelayanan publik lainnya di Kabupaten Padang Pariaman dan daerah lainnya. Selain itu, masalah keamanan data dan mental masyarakat perlu disiapkan dalam rangka transformasi digitalisasi pelayanan publik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adrian, F., Singkoh, F., & Sampe, S. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Kependudukan di Pulau Marore (Studi Kasus di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kepulauan Sangihe). Jurnal Eksekutif, 2(5), 1–10.
Ahmad, M. (2011). Analisis Manajemen Mutu Terpadu (TQM)ndalam Pelayanan Rumah Sakit. http://repository.ung.ac.id/get/simlit_res/1/116/analisis-manajemen-mutu-terpadu-tqm
Ahmad, M., Budiningsih, I., Sukamto, H., & Suyanto, B. (2010). Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan reformasi birokrasi di lembaga pemerintah. International Journal of Economic Research (IJER), 1–16. file:///C:/Users/user/Documents/Mendeley Desktop/Ahmad et al/International Journal of Economic Research (IJER)/Ahmad et al. - 2010 - Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan reformasi birokrasi di lembaga pemerintah.pdf
Andriansyah, A. (2021). Kua`litas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kampar. Jurnal Syntax Transformation, 2(4), 423–432.
Ariany, R. I. A., & Putera, R. E. (2013). Analisis Kinerja Organisasi Pemerintah dalam Memberikan Pelayanan Publik di Kota Pariaman. 29(1), 33–40.
Bakti, Ig. M. Y. (2015). 7 Prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015. Pusat Penelitian Sistem Mutu Dan Teknologi Pengujian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. http://smtp.lipi.go.id/berita463-7-Prinsip-Sistem-Manajemen-Mutu-ISO-9001-3A2015.html
Dewi, R. (2016). Membangun Birokrasi Yang Profesional. Perspektif, 2(1), 41–46. https://doi.org/10.31289/perspektif.v2i1.106
Fadil, M., Nur, B., Jihad, M. I., & M, Z. A. (2020). Reformasi kinerja dinas kependudukan dan catatan sipil kota malang. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2, 19–32.
Faedlulloh, D., Yulianto, & Karmilasari, V. (2019). Reformasi Birokrasi di Periode Kedua: Mendorong Agenda Reformasi Struktural dan Pola Pikir. LPPM Unila-Institutional Repository. http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/15253
Friel, B., Check, R., Management, P., Resources, H., & Council, M. (2004). Developing a Human Capital Strategy. Addressing the Human Capital Crisis in the Federal Government, 31–44. https://doi.org/10.1016/b978-0-7506-7713-4.50006-9
Haning, M. T. (2018). Reformasi Birokrasi di Indonesia: Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik. Jurnal Analisis Kebijakan Dan Pelayanan Publik, 4(1), 25–37. file:///C:/Users/user/Documents/Mendeley Desktop/Haning/Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik/Haning - 2018 - Reformasi Birokrasi di Indonesia Tinjauan Dari Perspektif Administrasi Publik.pdf
Machmud, R. (2008). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 2(2), 186. https://doi.org/10.24893/jkma.2.2.186-190.2008
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. In Sage Publications (Issue second edition). https://doi.org/10.1016/0149-7189(96)88232-2
Mosso, A., Singkoh, F., & Sumampow, I. (2018). Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat. Jurnal Eksekutif, 1(1).
Muchtar, A. (2011). Analisis Manajemen Mutu (TQM) dalam Pelayanan Rumah Sakit. Japanese Society of Biofeedback Research.
Muhammad, F. (2008). Reinventing Local Government. In Elex Media Komputindo: Vol. 1 st editi (Issue 1).
Ningtyas, T. (2017). New Public Service : Pelayan Publik Berbasis Humanistik Untuk Kesuksesan Reformasi Birokrasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 1(1). https://doi.org/10.25139/jmnegara.v1i1.283
Pamungkas, L. D., & Fitriati, R. (2019). Best practice pelayanan administrasi kependudukan kabupaten kudus. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 1, 26–39.
PAN-RB, K. (2020). Semangat Membangun Pelayanan Publik Berkelas Dunia. 13 Mei 2020. https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/aceh-berbenah-perbaiki-informasi-pelayanan-publik
Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2010). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025. In Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 1985 Tentang Jalan. h
Prasojo, E., & Kurniawan, T. (2008). Reformasi Birokrasi dan Good Governance: Kasus Best Practices dari Sejumlah Daerah di Indonesia. In Symposium A Quarterly Journal In Modern Foreign Literatures. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=360656420083251686&btnI=1&hl=id
Pratiwi. (2015). Bureaucratic Reform in Indonesia : Innovation , Challenges and Typologies. International Institute of Administrative Science - AGPA, August 2014, 1–17.
Raharjo, B., Adi Nugroho, H., & Wahyu Winarno, W. (2016). Analisis Faktor Determinan Penggunaan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Dan Implikasinya Terhadap Reformasi Birokrasi Pada BPK RI. Jurnal Informatika, 10(1), 1149–1155. https://doi.org/10.26555/jifo.v10i1.a3346
Rahmadanik, D. (2021). Pelaksanaan Pelayanan Administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 11–18.
Rakhmah, A., & Meirinawati. (2016). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan KTP-el ( Kartu Tanda Penduduk Elektronik ) Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil ( Dispenduk Capil ) Surabaya Arlita Rakhmah Abstrak. Jurnal Administrasi Negara, 1–7.
Rulitawati, & Azizah, N. (2019). Implementasi Total Quality Management dan Maanajemen Sekolah. 1st International Seminar on Islamic Sutides, 170–175. file:///C:/Users/user/Documents/Mendeley Desktop/Rulitawati, Azizah/1st International Seminar on Islamic Sutides/Rulitawati, Azizah - 2019 - Implementasi Total Quality Management dan Maanajemen Sekolah.pdf
Sandiasa, G. (2018). Reformasi Administrasi dan Birokrasi Pemerintahan Daerah Dalam Menigkatkan Kualitas Layanan Publik di Daerah Public Inspiration : Jurnal Administrasi Publik. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 106–107. file:///C:/Users/user/Documents/Mendeley Desktop/Sandiasa/Public Inspiration Jurnal Administrasi Publik/Sandiasa - 2018 - Reformasi Administrasi dan Birokrasi Pemerintahan Daerah Dalam Menigkatkan Kualitas Layanan Publik di Daerah Public In.pdf
Saputra, D. (2017). Patologi Birokrasi dalam Pelayanan Publik. file:///C:/Users/user/Documents/Mendeley Desktop/Saputra/Unknown/Saputra - 2017 - Patologi Birokrasi dalam Pelayanan Publik.pdf
Setiawan. (2017). Formulasi Hubungan Kepemimpinan Birokrasi Dalam Percepatan Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Wacana Kinerja, 10(2), 8. http://jwk.bandung.lan.go.id/ojs/index.php/jwk/article/view/409
Sitindjak, V. (2017). Konsep reformasi birokrasi. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat, 79–89. file:///C:/Users/user/Documents/Mendeley Desktop/Sitindjak/Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat/Sitindjak - 2017 - Konsep reformasi birokrasi(2).pdf
Speer, J. (2012). Participatory Governance Reform: A Good Strategy for Increasing Government Responsiveness and Improving Public Services? World Development, 40(12), 2379–2398. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2012.05.034
Taufik, M. (2020). Integritas dan Komitmen Kepemimpinan dalam Pelayanan. In Disampaikan dalam Lokakarya Penerapan Standard Pelayanan Publik di Lingkup Pemerintah Daerah Wilayah I tanggal 12 November 2020. LAN RI. file:///C:/Users/user/Documents/Mendeley Desktop/Taufik/Disampaikan dalam Lokakarya Penerapan Standard Pelayanan Publik di Lingkup Pemerintah Daerah Wilayah I tanggal 12 November 2020/Taufik - 2020 - Integritas dan Komitmen Kepemimpinan dalam Pelayanan.pp
Tauhid. (2018). Reformasi Birokrasi melalui e-Government dalam Sistem Informasi Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik pada Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kota Bima. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 5(2), 110–124. file:///C:/Users/user/Documents/Mendeley Desktop/Tauhid/Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan/Tauhid - 2018 - Reformasi Birokrasi melalui e-Government dalam Sistem Informasi Pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik pada Dinas Kep.pdf
Tundung, A., Priyambodo, T. K., & Armawi, A. (2017). Tingkat Ketahanan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(2), 21. https://doi.org/10.22146/jkn.26345
Wiryanto, W. (2020). Replikasi Model Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Indonesia. 3(1), 27–40. file:///C:/Users/user/Documents/Mendeley Desktop/Wiryanto/Unknown/Wiryanto - 2020 - Replikasi Model Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Indonesia.pdf
Yusriadi, & Misnawati. (2017). Reformasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kabupaten Lima Puluh Kota). Jurnal Ilmiah Ilmu Adinistrasi Publik, 7(2), 245–252. http://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/sosial/article/view/343/308
Zuhro, R. S. (2009). an politik partai partai Apalagi setelah diterap pemerintahan yang bersih akuntabel dan tidak Konsep Good Governance. file:///C:/Users/user/Documents/Mendeley Desktop/Zuhro/Unknown/Zuhro - 2009 - an politik partai partai Apalagi setelah diterap pemerintahan yang bersih akuntabel dan tidak Konsep Good Governance.pdf
Published
2021-06-29
How to Cite
MASBIRAN, Vivi Ukhwatul K; AFRIYANNI, Afriyanni; NUGROHO, Riant. Reformasi Pelayanan Publik: Best Practice Pelayanan Administrasi Kependudukan Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pembangunan Nagari, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 76-92, june 2021. ISSN 2527-6387. Available at: <https://ejournal.sumbarprov.go.id/index.php/jpn/article/view/251>. Date accessed: 22 sep. 2021. doi: https://doi.org/10.30559/jpn.v16i01.251.
Section
Articles