Analisis Efektivitas Penyelenggaraan Pelatihan Teknis Pencegahan Covid-19 Berbasis Jarak Jauh Tahun 2020

  • Muhamad Jumliadi Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas penyelenggaraan Pelatihan Teknis Pencegahan Covid-19 berbasis Jarak Jauh. Penelitian ini dilakukan di Bidang Latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian sebanyak 60 orang peserta pelatihan dengan teknik analisis data regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya hubungan efektivitas penyelenggaraan pelatihan dihubungkan secara simultan dengan variabel pelayanan panitia, jadwal pelatihan serta variabel media pembelajaran yang dihitung dengan koefisien korelasi menunjukkan nilai R sebesar 0,836 hal ini menunjukkan tingkat derajat hubungan sempurna. Sedangkan kontribusi dilihat dari nilai R Square secara simultan adalah sebesar 69,9% dipengaruhi oleh variabel pelayanan panitia, jadwal pelatihan dan variabel media pembelajaran serta sebesar 30,1% ditentukan oleh variabel lain. Hal ini dapat diartikan bahwa pemberian pelayanan yang maksimal kepada peserta, mempersiapkan jadwal yang sesuai serta penggunaan media pembelajaran yang tepat pada kondisi pandemi covid-19 tidak mengurangi tujuan yang ingin dicapai dari penyelenggaraan diklat. Adapun beberapa rekomendasi peneliti diantaranya: meningkatkan pelayanan dalam pengurusan administrasi peserta, membebastugaskan peserta selama mengikuti pelatihan, serta membuat platform khusus e-learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elly Emalia & Hotner Tampubolon. (2014). Efektivitas Pengelolaan Diklat Pada Pusat Pendidikan Dan Latihan Kependudukan Dan Keluarga Berencana BKKBN. 3(2), 634. https://hsgm.saglik.gov.tr/depo/birimler/saglikli-beslenme-hareketli-hayat-db/Yayinlar/kitaplar/diger-kitaplar/TBSA-Beslenme-Yayini.pdf
Fatihah, E. M., & Purwito, L. (2017). Efektivitas diklat dtss pbj dalam menunjang kinerja. 12(2), 110–125.
Fauzan, M. (2020). Efektivitas Learning Management Pada Diklat Teknis Substantif Pkg Dan Pkb Bagi Guru Madrasah Dilingkungan Balai Diklat Keagamaan Bandung Tahun 2018. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 1(2), 13–21. https://doi.org/10.53800/wawasan.v1i2.35
Gibson, Ivancevich, D. (2009). Organisasi, perilaku, Struktur, Proses. Bina Rupa Aksara.
Hanun, M.Pd, F. (2018). Evaluasi Penyelenggaraan Diklat Di Kementerian Agama. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 191–203. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.477
Hikmah, S. (2020). Efektifitas E-Learning Madrasah dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di MIN 1 Rembang. Jurnal Edutrained : Jurnal Pendidikan Dan Pelatihan, 4(2), 73–85. https://doi.org/10.37730/edutrained.v4i2.81
Johan Tarru. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Administrasi Publik, 16(2), 99–110. https://doi.org/10.52316/jap.v16i2.49
Kiwang, A. S., Pandie, D. B. W., & Gana, F. (2015). Analisis Kebijakan dan Efektivitas Organisasi. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 19(1), 71. https://doi.org/10.22146/jkap.7535
Munajatisari, R. R. (2019). Analisis Efektivitas Metode Pelatihan Klasikal dan E-Learning. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdministrasiBisnis/article/view/1463
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Palupi, Y., Maarif, S., & Affandi, J. (2015). Efektivitas Pelaksanaan Program Dinamika Kelompok Dengan Metode Outbound Pada Diklat Fungsional Auditor Di Pusdiklatwas Bpkp. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.17358/jabm.3.1.23
Pamugar, H., Winarno, W. W., & Najib, W. (2014). Model Evaluasi Kesuksesan dan Penerimaan Sistem Informasi E-Learning pada Lembaga Diklat Pemerintah. Scientific Journal of Informatics, 1(1), 13–27. https://doi.org/10.15294/sji.v1i1.3638
Prilianti, R. (2018). Evaluasi Penyelenggaraan Diklat Teknis Substantif Multimedia bagi Guru Madrasah Aliyah di Balai Diklat Keagamaan Semarang. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(1), 187–205. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i1.54
Raharjo, T. (2017). Efektivitas Diklat Prajabatan Pola Baru Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Keuangan. Info Artha, 2, 20–34. https://doi.org/10.31092/jia.v2i0.76
Rahmawati, N. (2020). Evaluasi Reaksi Terhadap Pelaksanaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah di BPSDM Provinsi DKI Jakarta. Indonesian Journal of Educational Counseling, 4(2), 133–142. https://doi.org/10.30653/001.202042.141
Shodiq, M. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Diklat Kependudukan dan Keluarga Berencana bagi Tokoh Agama. March 2017, 0–11. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28629.99047
Subur, S. (2019). Pengaruh kompetensi widyaiswara, pengelola diklat, kualitas peserta diklat, dan sarana prasarana terhadap efektifitas pelaksanaan diklat pada balai diklat keagamaan banjarmasin. 1, 223–240.
Sugianto, I. (2015). Efektivitas Pendidikan dan Pelatihan Jarak Jauh Guru Matematika Madrasah Aliyah di Balai Diklat Keagamaan Palembang. PNS Pada Balai Diklat Keagamaan Palembang), 25–46.
Tamtanus, A. S. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Diklat Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis di Pusdiklat Ristekdikti 2018. 18(2), 75–85.
Tulung, J. M. (2014). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Kepimpinan Tingkat IV Di Balai Diklat Keagamaam Manado. Journal “Acta Diurna,” III(3), 1–14.
Wiratama, I. N. J. A., & Sintaasih, D. K. (2013). Terhadap Kinerja Karyawan Pdam Tirta Mangutama Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan, 7(2), 126–134.
Published
2022-06-30
How to Cite
JUMLIADI, Muhamad. Analisis Efektivitas Penyelenggaraan Pelatihan Teknis Pencegahan Covid-19 Berbasis Jarak Jauh Tahun 2020. Jurnal Pembangunan Nagari, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 64-75, june 2022. ISSN 2527-6387. Available at: <https://ejournal.sumbarprov.go.id/index.php/jpn/article/view/285>. Date accessed: 18 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.30559/jpn.v7i1.285.
Section
Articles