Analisis Kesehatan Mental Remaja Berdasarkan Global School Based Student Health Survey (GSHS) Siswa di Pesantren Modern
Abstract
Kesehatan mental remaja seringkali dikaitkan dengan peranan dari orang tua, keluarga, guru dan teman sejawat. Peranan itu penting dalam mencegah remaja untuk memunculkan ide bunuh diri, tindakan bunuh diri ataupun hal negatif lainnya. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran dan menganalisis kesehatan mental remaja yang menempuh pendidikan di sebuah pesantren modern. Metode penelitian ini adalah cross sectional dengan menggunakan instrument Global School-Based Student Health Survey (GSHS) tahun 2021 yang telah divalidasi untuk versi bahasa Indonesia. Siswa mengisi kuesioner dengan menggunakan lembar kuesioner yang sudah dipersiapkan yang diisi tanpa tekanan dan dilakukan di lingkungan sekolah secara mandiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebanyakan sampel adalah wanita (96%), dengan rentang usia 12 hingga 17 tahun dan duduk di bangku kelas 8 hingga kelas 12. Hasil penelitian ditemukan bahwa 43% responden mencoba hal negatif untuk merasakan hal yang lebih tenang, dan 9% dari siswa pernah mencoba melakukan bunuh diri. Keterlibatan orang tua mampu mencegah terjadinya hal ini, dan dukungan serta pola asuh dari orang tua berpengaruh positif terhadap gangguan kesehatan mental remaja. Perlunya dukungan dari berbagai pihak agar kesehatan mental remaja khususnya di pesantren dapat terpelihara. Direkomendasikan sekolah memiliki program kesehatan sekolah yang dapat membantu menciptakan lingkungan sekolah yang suportif dan peduli.
Downloads
References
208 | Nurmaines Adhyka, Intan Kamala Aisyah, & Bun Yurizal
survey results in the eastern Mediterranean region countries. BMC Public Health, 22(1),
1–11. https://doi.org/10.1186/s12889-022-12502-8
Alkhraiji, M. H., Barker, A. R., & Williams, C. A. (2022). Reliability and validity of using the
global school-based student health survey to assess 24 hour movement behaviours in adolescents from Saudi Arabia. Journal of Sports Sciences, 40(14), 1578–1586. https://doi.org/10.1080/02640414.2022.2092982
Aziz, A. N., Rahmatullah, A. S., & Khilmiyah, A. (2023). Peran Self-Compassion Terhadap Penguatan Kesehatan Mental Remaja di Panti Asuhan. 10(September), 330–350.
Balitbangkes RI. (2018). Laporan Riskesdas 2018 Nasional.pdf. In Lembaga Penerbit Balitbangkes.
Devita, Y. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Masalah Mental Emosional Remaja. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 503. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.967
Dinas Kesehatan Kota Padang. (2023). Profil Kesehatan Kota Padang Tahun 2022. 282. E.Taylor, S. (2018). Health psychology 10th edition. In International Encyclopedia of the
Social & Behavioral Sciences: Second Edition.
Harnawati, R. A. (2023). Penerapan Manajemen Stres untuk Mengelola Stres. Jurnal
Kesehatan Panca Bhakti Lampung, 11(2), 117–122.
Hsieh, S. L., Lai, F., Cheng, P. H., Chen, J. L., Lee, H. H., Tsai, W. N., Weng, Y. C., Hsieh, S.
H., Hsu, K. P., Ko, L. F., Yang, T. H., & Chen, C. H. (2006). An integrated healthcare enterprise information portal and healthcare information system framework. Conference Proceedings : ... Annual International Conference of the IEEE Engineering in Medicine and Biology Society. IEEE Engineering in Medicine and Biology Society. Annual Conference, 2006, 4731–4734. https://doi.org/10.1109/IEMBS.2006.260715
Irnanda, R. C., & Hamidah, H. (2021). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Self Compassion Pada Remaja dengan Orang Tua Bercerai. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 396–405. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24930
Karina Desi, H. (2018). Pengaruh Intensitas Mengakses Fitur-Fitur Gadget dan Tingkat Kontrol Orang Tua Terhadap Kesehatan Mental Remaja. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kusumawardani, N., Wiryawan, Y., Anwar, A., Handayani, K., & Angraeni, S. (2016). Perilaku Berisiko Kesehatan pada Pelajar SMP dan SMA di Indonesia. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, 1–116.
Liu, M. wei, Chen, Q. tong, Towne, S. D., Zhang, J., Yu, H. jie, Tang, R., Gasevic, D., Wang, P. gang, & He, Q. qiang. (2020). Fruit and vegetable intake in relation to depressive and anxiety symptoms among adolescents in 25 low- and middle-income countries. Journal of Affective Disorders, 261, 172–180. https://doi.org/10.1016/j.jad.2019.10.007
Liu, X., Huang, Y., & Liu, Y. (2018). Prevalence, distribution, and associated factors of suicide attempts in young adolescents: School-based data from 40 low-income and middle-income countries. PLoS ONE, 13(12), 1–12. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0207823
Lomax, R. ., & Hahs-Vaugh, D. . (2011). An Introduction to Statistical Concept : Third Edition. Taylor & Francis.
Maenhout, L., Maenhout, L., Peuters, C., Peuters, C., Cardon, G., Compernolle, S., Crombez, G., Desmet, A., & Desmet, A. (2020). The association of healthy lifestyle behaviors with
Jurnal Pembangunan Nagari, Vol. 8, No. 2, Desember, 2023 | 209
mental health indicators among adolescents of different family affluence in Belgium. BMC
Public Health, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.1186/s12889-020-09102-9
Mubasyiroh, R., Yunita, I., & Putri, S. (2017). Mental Emotional Symptoms’ Determinants Of Junior-Senior High School Student In Indonesia 2015. Buletin Penelitian Kesehatan, 45(2),
103–112.
Peltzer, K., Pengpid, S., & Peltzer, K. (2021). Prevalence and Correlates of Frequent and
Infrequent Bullying Victimization Among School Adolescents from Five Southeast Asian Countries. Makara Journal of Health Research, 25(2). https://doi.org/10.7454/msk.v25i2.1282
Pengpid, S., & Peltzer, K. (2018). Parental involvement and mental health among school-going adolescents in five Caribbean countries. Journal of Psychology in Africa, 28(5), 394–399. https://doi.org/10.1080/14330237.2018.1501916
Pratiwi, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Seksual Remaja. Jurnal Ilmu Kesehatan Karya Bunda Husada, 7(2), 1–6. https://doi.org/10.56861/jikkbh.v7i2.56
Pratiwi, S. D., & Djuwita, R. (2022). Hubungan Gaya Hidup dengan Kesehatan Mental Remaja di Indonesia (Analisis Data Global School-Based Student Health Survey Indonesia 2015). Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas, 7(1), 382–393. https://doi.org/10.14710/jekk.v7i1.11905
Shorey, R. C., Sherman, A. E., Kivisto, A. J., Elkins, S. R., Rhatigan, D. L., & Moore, T. M. (2011). Gender differences in depression and anxiety among victims of intimate partner violence: The moderating effect of shame proneness. Journal of Interpersonal Violence, 26(9), 1834–1850. https://doi.org/10.1177/0886260510372949
Soumokil-Mailoa, E. O., Yanto Paulus Hermanto, & Juliana Hindradjat. (2022). Orang Tua Sebagai Supporting System: Penanganan Anak Remaja Yang Mengalami Depresi. Vox Dei: Jurnal Teologi Dan Pastoral , 3(2), 244–267. https://doi.org/10.46408/vxd.v3i2.154
Stefanicia, S., & Devitasari, I. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan, Usia, Jenis Kelamin, dan Kesehatan Mental dengan Perilaku Berisiko Terkena Infeksi Menular Seksual pada Remaja di Wilayah Kerja Puskesmas Menteng Palangka Raya. Jurnal Surya Medika, 8(2), 291–295. https://doi.org/10.33084/jsm.v8i2.3911
WHO. (2009). GSHS Core Module Rationale. World Health Organization, Department of Chronic Diseases and Health Promotion, 1–16.
WHO. (2021). Mental health of adolescents.
Yuliasari, H., & Pusvitasari, P. (2023). Mental Health Literacy Ditinjau Dari Big Five
Personality Traits Pada Remaja Di Yogyakarta. Journal of Psychological Science and Profession, 7(1), 1. https://doi.org/10.24198/jpsp.v7i1.37414
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Jurnal Pembangunan Nagari and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Jurnal Pembangunan Nagari.
We hold the copyright regarding all the published articles and have the right to multiply and distribute the article under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY NC).
The Copyright Transfer Agreement can be downloaded HERE.
please fill, sign, scan and send it back in PDF format to myus8896@gmail.com and rosdalia@gmail.com