Pengembangan Model Bangkitan Perjalanan Zona Perumahan Dengan Mempertimbangkan Tipe Dan Usia Perumahan (Studi Kasus Perumahan di Kota Padang)

  • Rini Amelia Sari
  • Yosritzal .
  • Purnawan .

Abstract

Penelitian ini bertujuan memodelkan bangkitan pergerakan yang dilakukan oleh perumahan-perumahan yang ada di Kota Padang. Dengan mempertimbangkan variabel Tipe dan Umur Perumahan sebagai variabel tambahan di dalam model selain variabel  sosio ekonomi, dengan tujuan menyederhanakan model dan memudahkan untuk memprediksi bangkitan perjalanan dari perumahan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa umur perumahan berkorelasi sangat rendah dengan bangkitan perjalanan perumahan. Yang berarti variabel umur perumahan tidak memberi pengaruh yang signifikan terhadap bangkitan perjalanan dari perumahan. Sedangkan variabel tipe rumah memberikan korelasi yang cukup tinggi dengan bangkitan perjalanan dengan mobil dengan R2 sebesar 0,583, hal yang berbeda terjadi pada korelasi tipe rumah dengan bangkitan perjalanan dengan sepeda motor yaitu dengan R2 sangat rendah yaitu 0,09. Variabel yang berkorelasi tinggi dalam bangkitan perjalanan adalah kepemilikan kendaraan, jumlah anggota keluarga dan anggaran yang mereka sediakan untuk transportasi. Pemodelan bangkitan oleh sepeda motor tidak di pengaruhi oleh tingkat ekonomi masyarakat, sedangkan bangkitan perjalanan oleh mobil berkorelasi positif dengan penghasilan masyarakat. Dari penelitian ini di hasilkan 12 model bangkitan perjalanan dari perumahan yang di dapatkan dari data total sampel dan dari sampel yang di bagi berdasarkan tipe rumah (Tipe Rumah 45, 70 dan 100). Nilai determinasi dari pemodelan ini umumnya berkisar pada angka 0,5. Yang berarti bahwa ada faktor lain yang mempengaruhi bangkitan perjalanan dari perumahan diluar dari variabel yang di teliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Algifari. (2000). “Analisis Regresi, Teori, Kasus & Solusi”. BPFE UGM. Yogyakarta.

Bella, Rosmiyati., et. Al.(2013). “Pemodelan Bangkitan Perjalanan Berbasis Rumah Tangga di Kompleks RSS. Baumata, Kecamatan Taebenu, Kabupaten Kupang”. Jurnal Teknik Sipil, Vol. II. No. 1, April 2013.

BPS Kota Padang, (2014). Padang Dalam Angka 2014. BPS Kota Padang

Ersandi, et al.(2009). “Model Bangkitan Perjalanan Kerja dan Faktor Aksesibilitas pada Zona Perumahan di Yogyakarta”. Semesta Teknika, Vol.12, No.1, 44-54, Mei 2009.

Hermanto, Edy. (2009). “Bangkitan Pergerakan Perjalanan ke Tempat Kerja Studi Kasus Perumahan Johor Indah Permai I Medan”. Tesis. Universitas Sumatera Utara Medan.

Morlok, E. K. (1991). “Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi”. Penerbit Erlangga,Jakarta.

Santoso, E. (2001). “Tinjauan aksesibilitas transportasi lingkungan perumahan
(studi kasus di Semarang)”. Tesis Magister Sistem dan Teknik Transportasi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Santoso, Singgih (2000). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sarwono, J. (2006). “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sugiyono, (2011).”Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D”. Cetakan Ke-13, Alfabeta, Bandung.

Supriyono. (2012). “Analisis Pengaruh Bangkitan Perjalanan Penduduk Terhadap Kinerja Jalan Utama Kawasan Perumahan Bukit Banaran Semarang”. Universitas Diponegoro. Semarang.

Unknown,(2007). “Pedoman Analisis Dampak Lalu Lintas Jalan Akibat Pengembangan Kawasan di Perkotaan”, Departemen PU.

Tamin, O.Z. (2000). “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi”.Bandung. Edisi Kedua. Institut Teknologi Bandung Press.

Warpani, S. (1981). “Perencanaan Transport”.Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Warpani, S, (1990). “Merencanakan Sistem Pengangkutan”, Bandung: Institut Teknologi Bandung Press.

Widarjono, Agus (2005), Ekonometrika: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Ekonisia
Published
2018-06-30
How to Cite
SARI, Rini Amelia; ., Yosritzal; ., Purnawan. Pengembangan Model Bangkitan Perjalanan Zona Perumahan Dengan Mempertimbangkan Tipe Dan Usia Perumahan (Studi Kasus Perumahan di Kota Padang). Jurnal Pembangunan Nagari, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 13 - 32, june 2018. ISSN 2527-6387. Available at: <https://ejournal.sumbarprov.go.id/index.php/jpn/article/view/71>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.30559/jpn.v3i1.71.
Section
Articles